Posts

Showing posts from May 7, 2006

Technology and Media (Max Fritsch)

The manufacture and utilization of tools and equipment, the end products themselves, and the needs and ends that they serve are all a part of technology. This Martin Heidegger calls "the instrumental and anthropological definition of technology."1 In its various forms technology has evolved as a vital link to society, a conveyor of a methodology for shaping perception, understanding and man's reality. Technology has taken over and captured the viewer, altering patterns of perception and world views by sending subtle and subliminal messages. The electronic revolution and the mass media have redefined society and the world, and reshaped our personal, social, cultural, economic and political environments. These rapid technological changes and developments have had a direct and powerful influence on society's perception of the world and the shaping and reshaping of its world view. Henryk Skolimowski 1984, states that "the more sophisticated technology becomes the mo…

Isu Dasar: Media dan Sikap Anti Sosial

Ada beberapa isu dasar yang muncul yang menyebabkan terjadinya perilaku anti sosial atas pengaruh media (cetak & non-cetak) terhadap para konsumen (pemirsa/pembaca). Media yang seharusnya menjadi sarana informasi bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan baik diluar mau pun didalam, justru sebaliknya. Media terkadang mengabaikan peraturan yang berlaku dalam menyiarkan program-programnya, hal ini disebabkan karena media hanya mencari keuntungan (uang) semata, sehingga media tidak memperdulikan lagi apakah program-program tersebut akan berdampak buruk atau baik bagi para konsumennya. Beberapa isu-isu dasar yang menjadi pembahasan dalam bab ini yaitu : Pengaruh media terhadap perilaku anti sosial, Media dan tanggung jawab moral, Perilaku anti sosial dan kewajiban media, Media sebagai accessories terhadap perilaku anti sosial dan konflik antara perilaku personal dan professional.ISU MORALPerilaku anti sosial sudah menjadi hal yang sangat mendasar di masyarakat dan hal ini harus diper…

Isu Dasar: Tekanan Ekonomi dan Tanggung Jawab Sosial Media Massa

Bahwa saat ini pertumbuhan pasar yang semakin bersaing membuat institusi media menjadi ekspansi bisnis para pengusaha, sehingga banyak keputusan-keputusan yang diambil berdasarkan keuntungan komersil belaka. Semua media berlomba-lomba membuat tayangan yang kreatif dan menarik perhatian para konsumen, sehingga merebut hati pemirsa. Dan hal ini di manfaatkan oleh para media untuk menayangkan iklan-iklan agar dapat di pertontonkan ke para pemirsa. Tentu saja hal tersebut merupakan pemasukan yang terbesar bagi insitusi media, bahkan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemasukan keuangan media adalah iklan. Tetapi yang terjadi adalah bahwa pemasang iklan dapat memutuskan apakah suatu program dapat ditayangkan atau tidak, sehingga kekuasan menjadi di tangan pemasang iklan.Sebuah idealisme jurnalistik terkadang memang dikalahkan oleh sebuah kekuasan keuangan. Manajemen media sudah mulai di rasuki oleh teori-teori marketing yang penuh strategi untuk meraup keuntungan komersil. Sehingga keputusan…

The Eight Characteristics of Women's Media

The Eight Characteristics of Women's Mediathat are different in our Media from Men's Mediaand the Five Categories of Women's NewsReprinted from The Quill Magazine article entitled "Women News"(pp. 36-37) by Dr. Donna Allen. At the risk of sounding like a health magazine ad -- seven ways to prevent cancer of the elbow and four reasons why you should brush your teeth at 8 p.m. -- I will answer The QUILL editor's question about the difference between women-owned and men-owned news media by providing eight characteristics of women-owned media and five categories of women's news not reported in the mass media.
One can spot the eight characteristics of women-owned-and-run media by sampling any half dozen of the over 700 women-owned periodicals or other media. We discerned these characteristics at the Women's Institute for Freedom of the Press during our fifteen years of publishing Media Report to Women and the annual Directory of Women's Media.
You will…