Penulis: Reni Oktari Oemar
Berbicara tentang media baru, akan ada banyak cerita yang tiada habisnya. Media baru akan selalu baru, penuh dengan pro dan kontra. Seperti halnya media-media lain, media baru juga menuai dukungan dan celaan dikarenakan dampak yang ia bawa, dampak baik dan dampak buruk. Para pendukung menyebutkan bahwa media baru dapat memberi tempat pada kebebasan personal, mereduksi hierarki sosial, menambah waktu luang, dan meningkatkan kualitas dari interaksi sosial dan komunikasi. Sedangkan di sisi lain, para pengkritik mengungkapkan kekhawatiran mereka atas berkembang dan melebarnya ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi, pengangguran akibat mekanisasi, media baru dijadikan cara baru negara dan korporasi melakukan pengawasan, serta kelebihan informasi dan ketidak-dampaktifannya terkait dengan makna dan konteks. Diluar dari semua pro dan kontra tersebut, media baru harus dipahami secara bijak dari berbagai perspektif.
Dalam tulisan ini, penulis hendak mengungkapkan gagasan mengenai penggunaan media baru dalam interaksi sosial. Lingkup tulisan difokuskan pada kajian terhadap situs yang menyediakan layanan chatting yaitu www.omegle.com. Selanjutnya ............