Jennifer Hargreaves (1993) menyatakan,
bahwa majalah dan koran olahraga semakin berkembang dan semakin banyak
jumlahnya. Tapi yang selalu terlihat untuk atlit wanita adalah sisi feminiti
nya dibandingkan dengan sisi atletik/olahraga nya. Contoh, ada atlit wanita dan
atlit pria yang berfoto bersama dalam satu frame, namun atlit pria yang lebih
mendominasi atau menonjol dan atlit wanita seperti pendukung; foto atlit pria
yang dikelilingi dan dikagumi oleh banyak wanita-wanita disekililingnya; foto
atlit wanita yang sedang menangis terharu dan di rangkul atau dekati oleh suami
atau kawanan atlit lainnya; yang mana sama sekali tidak menunjukkan
keterkaitannya dengan olahraga; dalam konteks domestik, hamil atau mempunyai
anak; dan foto-foto dari atlit wanita yang lebih menonjolkan dari sisi make up, hair do, dan wardrobe.
Momen-momen epicolahraga, dari proses, puisi, gambar bergerak, hal-hal yang
paling dikenang hanya dapat ditangkap dan masih oleh fotografi.Pandangan
mengenai ‘frozen in time’ adalah
sebuah gesture atau gimik terkenal yang mampu menyampaikan sejarah, emosi, dan perasaan
unik. Salah satu yang paling berkesan adalah momen ‘black power’oleh Tommie Smith dan John Carlos pada podium
kemenangan di Olimpiade Meksiko 1968 (Given 1995; Johnson dan Roediger 2000;
Guttmann 2002), yang pada 1990-an, telah dimasukkan ke dalam Kampanye pemasaran
leisurewear korporat sebagai gambar chic radikal hitam funky (McKay 1995).
Objek yang paling penting dalam fotografi
olahraga instrumen utama olahraga, yaitu tubuh manusia. Raga olahragawan
diamati dengan seksama melalui gambar
yang mencolok yang menarik kekuatan mereka bukan hanya dari aksi, tapi dengan
mengenali tubuh yang dicitrakan pada masalah dan identitas sosial yang lebih
luas. Oleh karena itu tubuh dalam
fotografi olahraga selalu diinvestasikan dengan peran representasional yang
lebih luas seperti seksualitas, gender, rasial, dan sebagainya. Seperti media
olahraga yang tertulis, foto dapat diklasifikasikan menurut genre dan sub-genre,
maisng-masing memiliki kualitas, motif , dan kemiripan yang berbeda.
Hal ‘utama’ masih tentang teks fotografi
olahraga yang ditangkap, 1) menarik perhatian kita, 2) citra yang mengubah
pembaca saat mereka membuka halaman melalui kekuatan visual dan emosional yang
sesungguhnya, dan memiliki kemampuan membuat kita merasa ingin berada disana 3)
bahkan ketika kita disana, kita juga melihatnya dengan cara yang sama.
Melihat dan mencitrakan tubuh pria
merupakan aspek integral dari budaya seputar musik populer pasca perang.Pemirsa
'dewasa' juga dipenuhi oleh berbagai genre melalui tokoh pria (lagi-lagi,
biasanya putih) seperti Jon Bon Jovi, Chris Isaak dan Mick Jagger, meskipun
pemusik hitam seperti almarhum Marvin Gaye dan Lionel Ritchie juga memiliki
peran sebagai berikut. Olahraga adalah domain tradisional di mana pria dapat
melihat dan bahkan menyentuh atau merangkul pria lain tanpa stigmatisasi
homofobia. Selanjutnya, tipikal 'ahli', penggemar olahraga pria yang sebenarnya
'secara resmi' memandang tubuh olah raga laki-laki secara teknis daripada
estetika atau erotis. Tubuh adalah instrumen pertunjukan olahraga tertinggi
daripada undangan untuk memenuhi hasrat. Dengan berpotensi membuka diri
terhadap 'feminisasi' citra tubuh mereka dengan digambarkan secara seksual,
olahragawan berusaha melawan proses semacam itu dengan melakukan sesuatu - apa
saja - dan bukan hanya menerima tatapan.
Terdapat sebuah contoh kasus terhadap
seorang Andrew Ettingshausen. Miller (1998) meneliti secara terperinci kasus
penghinaan yang terkenal di mana Ettingshausen berhasil menggugat majalah HQ
pada tahun 1993 karena menerbitkan fotonya telanjang di kamar mandi tanpa
seizinnya. Sementara dia membiarkan dirinya tampil di berbagai media lainnya
untuk majalah wanita yang dengan jelas memanfaatkan daya tarik seksnya (pembaca
majalah Cleo edisi Australia pernah memilihnya sebagai 'Sexiest Man Alive').
Kasus ini menyoroti tiga bidang utama
sensitivitas yang telah kita lihat berlaku di saat melakukan memotretan tubuh
laki-laki dalam bidang sport: mencegah pandangan alat vital, menghindari saran
tentang ketidakpedulian atau ketidakberdayaan, dan berkonsentrasi pada daya
tarik heteroseksual dan homoseksualnya. Miller mengatakan bahwa model pin-up
pria menggambarkan ketidakamanan, ketidakstabilan, dan kontradiksi
maskulinitas.Berlawanan dengan ikon maskulin konvensional, model pin-up lebih
mengamankan tubuh.
Gambaran Rodman yang beredar dengan mudah
di surat kabar, majalah dan buku, termasuk karya akademis seperti Baker dan
Boyd's (1997) Out of Bounds: Olahraga, Media dan Politik Identitas, tampak
menggambarkan bicepsnya dan menggigit rantai logam, jelas merupakan
keberangkatan utama dari gambar olah raga tradisional yang ortodoks yang masih
merupakan bagian besar dari fotografi olahraga.
Masih perlu ditanyakan bagaimana gambar
semacam itu bisa dibaca sebagai indeks keadaan maskulinitas olahraga.Salah satu
tanggapan yang jelas adalah dengan memastikan bahwa mereka hanya efek dari
mesin media olahraga Amerika, sebuah 'pertunjukan aneh' yang dirancang untuk
memberi status selebriti kepada para ekshibisi yang menginginkan publisitas.Diperkirakan
bahwa citra sport imageakan memainkan peran yang lebih menonjol dalam mencatat
perubahan budaya dan menantang ideologi sosial yang ada. Citra olahraga
maskulin semakin terstimulasi dimana 'berkat komodifikasi subjek laki-laki,
laki-laki dibawa ke dalam terang narsisisme dan pembelian.
Transformasi modernitas dan postmodernitas
telah bergema melalui 'budaya tubuh' dari berbagai masyarakat dan zaman
(Eichberg 1998). Tingkat otot yang tinggi di kalangan wanita sering digambarkan
sebagai sesuatu yang aneh dan 'sosok yang mirip laki-laki', dan secara homofobia
dicemooh sebagai tanda lesbianisme (Wright and Clarke 1999; Miller 2001). Dalam
menghadapi permusuhan yang memperparah media tersebut, seringkali ada upaya
untuk memulihkan tubuh wanita berotot yang dicitrakan untuk model biner pria
maskulin dan wanita feminin konvensional.
Tapi, seperti kata pepatah lama, 'sebuah
gambar menceritakan seribu kata', dan di majalah binaraga, ini menceritakan
sebuah kisah yang mencoba membawa kembali struktur kekuatan gender.Sementara,
dalam satu cara, kata-kata tertulis tersebut berfungsi untuk memecah subkultur
yang didominasi oleh batas-batas kaku yang berfungsi untuk menahan dan
membangun gender sesuai dengan sistem kekuasaan yang dinegosiasikan seputar
perbedaan seksual.
Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang
bagaimana sebuah foto olahraga menjadi sesuatu yang bersifat seksual dan
erotis.Sebagai disiplin yang berhubungan dengan tubuh seseorang, keseksian bisa
menjadi produk kedua dari ekspresi sensual tubuh seorang dalam bidang olahraga
di beberapa cabang olahraga, dan ini tidak bisa terpisahkan.
Bab ini berkonsentrasi pada 2 tipe foto
olahraga. Yang pertama adalah aksi dari fotografi itu sendiri dan yang kedua
adalah bahwa gambar olahragawan dan wanita mengambil banyak bentuk, seperti
gambar pin-up dan estetika. Foto-foto ini bergantung pada representasi aspek
olahraga yang dapat dikenali, seperti tubuh atlet terkenal atau 'tanda-tanda'
olahraga seperti seragam atau peralatan.Pada olahraga itu sendiri.Posh'n'Becks
sebelumnya dan sejak dulu merupakan media yang bisa menarik perhatian banyak
orang untuk materi fotografi. Pernikahan mereka di kastil Irlandia tahun 1999,
misalnya, menarik liputan media yang besar, dengan gambar pernikahan terjual
secara eksklusif seharga £ 1 juta untuk OK! Majalah, yang masalah pernikahannya
pada gilirannya terjual antara 350 dan 400 kali lebih banyak dari biasanya
(Cashmore 2002: 32-3).Teks semacam itu, dengan koneksi yang lebih kuat atau
lemah terhadap olahraga, tersebar di seluruh media, dengan olahraga sebagai
fokus atau sebagai aspek tambahan yang membantu mengamankan ketertarikan dengan
asosiasi.Fungsi asosiatif inilah yang sangat penting bagi citra iklan
menggunakan olahraga sebagai elemen kunci dalam menangani konsumen potensial.
Penggunaan iklan dan promosi gambar diam
atlet pria kulit hitam disebutkan di atas sebagai salah satu praktik paling
umum dalam persuasi konsumen kontemporer.Sebagai contoh ada bola basket
pensiunan Michael Jordan yang meng-endorsing produk Nike.Atlet pemenang
multi-medali Carl Lewis memodelkan rangkaian Nike 'Apparel', sementara Tiger Woods tampaknya mencakup
seluruh blok kedai Madison Avenue. Dapat dikatakan bahwa gambaran positif
semacam itu dari kelompok minoritas yang tunduk pada rasisme dan kecurigaan
yang mendalam dalam budaya putih dominan merupakan tanda baik kemajuan sosial.
Namun, seperti yang diamati oleh McKay (1995: 192), gambar menarik orang kulit
hitam yang sangat istimewa memompa keluar slogan seperti 'Just do it' (Nike),
'There is no limit (Puma) dan ‘Life is short. Play hard’ (Reebok)membantu
menyembunyikan keterasingan. Bagi Boyd (1997 dan juga Maharaj 1997), hasil
pemilihan dan dekontekstualisasi aspek budaya laki-laki kulit hitam, dihubungkan
dengan aspek olahraga yang menarik, dan kemudian menggabungkan kombinasi
tersebut menjadi ikonografi konsumen (terbentang dari ortodoks ke sosok yang
lebih mengancam Dari 'nigga yang buruk') bukanlah pembebasan dan peningkatan
minoritas tertindas, namun komodifikasi dan ekspektasi perbedaan dan hambatan
mereka (Marquesee 1999).
Bagian ini tidak melakukan tinjauan
menyeluruh tentang setiap jenis dan genre foto olahraga dan cara membacanya,
melainkan untuk menunjukkan bagaimana mereka berkembang biak di media dan
dikaitkan dengan penayangan, ideologi, mitos, dan teks-teks lain yang berbeda dan
menjadikan mereka komponen penting dari budaya
kontemporer.
No comments:
Post a Comment