Wednesday, October 24, 2007

Delapan Tips Mengontrol Anak Menghadapi Media Kekerasan

  1. Siapkan set aturan main mana yang pantas dan mana yang tidak pantas ditonton dalam keluarga anak. Terapkan aturan main tersebut pada semua media: TV, kartun, video, film, video game, majalah dan komik
  2. Bantulah anak anda untuk memilih program acara media yang sesuai dengan aturan main yang disepakati dalam keluarga. Carilah program positif sekaligus mengurangi program yang negatif.
  3. Berhati-hatilah manakala anak menonton di luar rumah. Komunikasikan standar anda kepada para tetangga, kakek-nenek mereka, baby sitter atau orang lain yang mempunyai perhatian kepada anak anda. Mintalah kerjasama positif kepada mereka.
  4. Jadikan diri anda sebagai teladan yang baik dalam memilih tayangan program media.
  5. Menonton bersama anak secara periodik memang berguna, bantulah mereka memaknai tayangan yang sedang mereka tonton. Berbagilah pengalaman dengan anak-anak mengenai apa yang boleh dan yang tidak mereka lihat atau dengar dari tayangan media massa.
  6. Jika memungkinkan gunakanlah video rekaman pada tayangan yang memang harus dilihat sendiri oleh anak-anak anda.
  7. Dukunglah kegiatan atau aktivitas anak-anak selain menontong TV atau video atau video game.
  8. Bicarakanlah tentang peran dan fungsi media dengan orang tua lainnya, berbagilah tips dan tantanglah orang tua yang skeptis mengenai kritisisme media.


1 comment:

CresceNet said...

Gostei muito desse post e seu blog é muito interessante, vou passar por aqui sempre =) Depois dá uma passada lá no meu site, que é sobre o CresceNet, espero que goste. O endereço dele é http://www.provedorcrescenet.com . Um abraço.

detiknews - detiknews

Loading...